Pages

Minggu, 23 September 2012

Aneka Resep Jus Buah



Menjadi sehat tentu merupakan hal yang paling diinginkan oleh setiap manusia, termasuk Anda kan? Tentu saja. Karena kesehatan merupakan hal paling penting dalam kehidupan.

Tanpa kesehatan, kita tidak akan bisa menjalankan aktivitas dengan baik. Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga diri dengan baik. Cara yang tepat untuk menjaga kebugaran adalah dengan olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Salah satu jenis makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah buah dan sayuran. Aneka buah dan sayuran juga bisa diolah dengan cara dijus.

Nah, salah satu minuman yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini adalah aneka jus buah.

Aneka Jus buah sangat baik untuk kesehatan. Kandungannya yang kaya antioksidan, vitamin C, dan berbagai zat mikronutrien membuat tubuh kita sehat, bugar, dan terhindar dari berbagai penyakit. Itu sebabnya, mengonsumsi jus buah hukumnya wajib.

Aneka jus buah segar lebih baik daripada jus buah instan atau kemasan. Kandungan zat-zat baiknya dijamin masih asli dan tanpa bahan pengawet. Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat dari jus buah, Anda tidak harus mengonsumsinya dalam keadaan jus tunggal saja. Anda bisa memvariasikan jus dengan bahan-bahan lain.

Berikut ini adalah empat resep aneka jus buah yang menggunakan bahan-bahan lain. Resep-resep ini bisa dijadikan sebagai referensi Anda dalam mengonsumsi dan mendapatkan manfaat jus buah.


Khasiat Aneka Jus Buah Bagi Kesehatan Tubuh

Sebelum kita bereksperimen dengan berbagai resep membuat aneka jus buah, kita harus mengetahui dulu berbagai khasiat jus buah yang biasa kita temui. Bukan cuma enaknya saja yang kita rasakan, tapi juga ada khasiat yang bisa kita dapatkan dari jus buah yang kita minum.

Untuk mendapatkan khasiat yang mampu menyegarkan tubuh dan membuat kita semakin refresh, kita bisa memilih buah-buahan yang banyak mengandung air untuk dibuat aneka jus buah.

Beberapa buah yang banyak mengandung air adalah buah melon, buah semangka, buah jeruk, buah mangga, dan buah naga. Semua buah tersebut bisa dimakan langsung, tapi bisa juga dioleh menjadi jus buah atau salad dan koktail buah.

Untuk membuat jus buah, gula yang ditambahkan jangan terlalu banyak karena kandungan gula yang terlalu banyak juga tidak terlalu baik untuk kesehatan tenggorokan dan saluran pencernaan.

Lalu, untuk mendapatkan khasiat dalam membuat perut kenyang, Anda bisa membuat aneka jus buah yang mengandung protein dan karbohidrat. Buah-buahan yang bisa membuat kita kenyang adalah buah alpukat, buah pisang, dan buah salak.

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan kulit dan mata, kita bisa mengolah aneka jus buah yang terbuat dari bahan dasar buah tomat, buah wortel, buah mangga, buah jambu biji, dan buah-buahan lain yang mengandung beta karotene.


Aneka Jus Buah Bagi Pengobatan

Jika buah-buahan di atas merupakan buah yang rasanya sangat enak dan nikmat dikonsumsi dalam bentuk apa saja, maka sekarang ini kita akan membahas aneka jus buah yang berkhasiat mengobati penyakit tertentu.

Beberapa jus buah yang baik untuk pengobatan memiliki rasa yang sama enaknya dengan jus buah yang bisa kita makan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh. Buah-buahan tersebut adalah buah sirsak, buah jambu biji, buah salak, buah mangga, dan buah papaya.

Jus buah sirsak dipercaya mampu mencegah dan mengobati penyakit tumor dan kanker. Kandungan antioksidannya mampu menghalangi sel kanker untuk berkembang biak dan menjadikan tubuh kita sebagai sarang penyakit tersebut. untuk mendapatkan khasiatnya, kita bisa mengonsumsi jus buah sirsak dua kali sehari, yakni pagi dan sore setelah makan.

Jika Anda mengalami sakit perut yang berlebihan atau diare, Anda bisa menggunakan jus buah salak sebagai alternative pengobatan alami. Jus buah ini mampu menghentikan intensitas feses yang berlebihan.

Nah, kalau Anda merasa sakit kepala, pegal-pegal, atau merasakan nyeri lainnya, Anda bisa meminum jus buah mangga untuk mengobati rasa sakit tersebut. Jus buah mangga ini dipercaya mampu menghilangkan rasa sakit yang terjadi pada tubuh karena mampu menstabilkan pembuluh darah yang menyempit atau yang melebar sehingga menjadi normal kembali.

Lantas jika Anda memiliki masalah kesulitan dalam buang air besar, konsumsi saja jus buah papaya yang kaya akan serat dan vitamin C sehingga memudahkan Anda untuk membuang semua kotoran dan sisa makanan yang terdapat di dalam saluran pencernaan Anda.

Jika aneka jus buah tersebut memberikan khasiat bagi penyakit yang menghampiri tubuh Anda tanpa memberikan rasa yang tidak enak, sekarang giliran kita mencoba alternative pengobatan tradisional lainnya dengan menggunakan jus buah yang memang benar-benar obat.

Salah satu jus buah yang memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh adalah buah mengkudu. Buah yang memiliki bau yang khas dan rasa yang pahit tersebut sangat ditakuti banyak orang.

Akan tetapi, khasiatnya yang ajaib mampu membuat banyak orang berhasil mengalahkan ketakutan mereka pada rasa dan bau dari buah tersebut. Jus mengkudu berkhasiat untuk menghilangkan pegal-pegal, menghilangkan rasa sakit, mengobati penyakit tumor dan kanker, serta penyakit lain yang berhubungan dengan antioksidan dan sistem kekebalan tubuh.

Selain mengobati berbagai jenis penyakit di dalam tubuh, jus buah mengkudu juga berkhasiat membuat kulit dan tubuh Anda menjadi halus sehingga tampak lebih awet muda.

Jadi, jus buah yang mana yang akan anda pilih untuk membuat tubuh Anda selalu terlihat sehat, segar, dan awet muda?


Aneka Jus Buah Campur

Selain dikonsumsi dengan cara dijus secara tunggal, jus buah juga bisa diolah dengan cara mencampur aneka buah, bahkan sayuran agar tubuh kita mendapatkan berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalam buah dan sayuran tersebut.

Pada subbab berikut ini, kita akan membahas berbagai aneka resep jus buah yang bahan-bahannya terdiri atas dua macam atau lebih buah-buahan dengan manfaat yang dapat kita rasakan setelahnya.

Jus buah campur sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang demam, flu, dan nyeri otot. Aneka jus buah campur ini bisa digunakan untuk meredakan keluhan-keluhan berbagai penyakit tersebut.

Berikut adalah resep dari jus buah campur yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan
•    Air perasan 1 buah jeruk manis (tanpa gula)
•    Air perasan 1 buah jeruk bali (tanpa gula)
•    Satu gelas jus kismis atau jus anggur (tanpa gula)

Cara membuat
•    Campurkan seluruh bahan-bahan dalam satu wadah.
•    Jus buah campur siap diminum di pagi atau sore hari.

a.    Serbat  Jus Buah
Serbat adalah minuman yang terbuat dari berbagai campuran bahan-bahan alami. Serbat mirip dengan jamu, tetapi rasanya sangat enak. Serbat jus buah mempunyai banyak khasiat, di antaranya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan anti-alergi.

Bahan-bahan
•    2 gelas jus lemon atau jus jeruk atau jus anggur.
•    20 gram gelatin tanpa warna.
•    Satu bungkus pemanis rendah kalori (sekitar 3 gram).

 Cara membuat
•    Larutkan gelatin di dalam air hangat.
•    Tambahkan jus dan pemanis rendah kalori.
•    Kocok campuran tadi dengan menggunakan mixer pada kecepatan sedang hingga lembut dan tercampur sempurna.
•    Simpan di dalam freezer hingga membeku.
•    Hidangkan serbat dalam keadaan dingin di siang hari.

b.    Jus Pom'elos

Jus Pom'elos adalah jus campuran yang salah satu bahannya adalah jeruk. Jus ini kaya vitamin C dan antioksidan.

Bahan-bahan
•    50 gram nanas segar.
•    ½ butir jeruk manis yang sudah dikupas.
•    5 buah stroberi.

Cara Membuat
•    Satukan semua bahan-bahan di dalam satu wadah.
•    Masukkan ke dalam juicer atau blender. Kemudian buat menjadi jus.
•    Masukkan ke dalam kulkas beberapa saat dan hidangkan saat sudah dingin.

c.    Jus Jeruk Lemon Timun

Jus lemon dan timun adalah jus yang sangat segar dan kaya akan vitamin C.
Bahan-bahan
•    8 gelas jus jeruk manis
•    24 iris timun tanpa kulit (sekitar 1 buah timun ukuran sedang)
•    16 iris lemon (sekitar 2 butir lemon)

Cara membuat
•    Masukkan jus jeruk ke dalam wadah besar (pitcher).
•    Tambahkan irisan timun tanpa kulit dan juga irisan lemon ke dalam jus jeruk tadi.
•    Tambahkan beberapa butir es batu.
•    Hidangkan jus campuran ini dalam keadaan dingin.



thanks to : AnneAhira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar